Sabtu, 26 Juli 2008

Yukk Bangkit dimulai dari diri kita sendiri

Yukk Bangkit dimulai dari diri kita sendiri

Hii para Blogger mania, menurut saya dalam memperingati Harkitnas kita harus mulai bangkit dari diri kita sendiri kita bisa memulai dengan membangkitkan rasa Patriotimisme, rela berkorban, lebih berdedikasi,disiplin,dan rasa satria(berani) pada diri kita. Dibawah ini saya mencoba menguraikan sifat-sifat tersebut.semoga uraianku ini bisa bermanfaat dan dapat membangkitkan rasa nasionalisme kita.

1. Patriotisme

Menurutku patriotisme merupakan wujud cinta terhadap tanah air,wujud cinta terhadap tanah air ini beragam sesuai dengan bidang masing-masing. Bagi kita yang berstatus siswa atau mahasiswa wujud cintanya tentu dengan belajar secara benar ,dengan segenap kemampuannya untuk menimba ilmu dan keterampilan sebanyak-banyaknya, sehingga mencapai apa yang dicita-citakan. Bagi orang-orang militer wujud cintanya dengan bela negara hingga tetes darah yang terakhir,ceille bahasanya.Bagi warga sipil mewujudkan cintanya dengan cara bekerja untuk bangsa dan negara sampai tetes keringat yang terakhir. Bagi Ilmuandan para intelektual akan mewujudkan cintanya dengan profesionalitas keilmuan dan keintelektualannya.

Nilai-nilai akhlak mengajarkan betapa kita wajib mencintai negara, yang tentunya bagi pelajar bukan dengan memanggul senjata, tetapi dengan belajar sungguh-sungguh. Bahkan Rasulullah mengajarkan agar kita mencari ilmu sampai ke negri cina.Kiasan ini mencerminkan betapa penting dan bermanfaatnya belajar mencari ilmu tsb,karena selain akan mengantarkan kita supaya selamat di dunia dan akherat, dan inilah tujuan tertinggi setiap orang.

2. Berkorban

Menurutku berkorban berarti mengesampingkan kepentingan diri sendiri untuk kepentingan orang lain.Berkorban merupakan wujud rasa cinta dan kasih sayang terhadap bangsa dan negara.

3. Berdedikasi

Dedikasi merupakan suatu keikhlasanuntuk melakukan sesuatu, baik dalam bentuk pikiran, perasaan ,tenaga terhadap sesuatu, atau seseorang untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Dedikasi menurutku merupakan wujud pengabdian kita terhadap sesama makhluk maupun kepada sang kholiq Allah SWT.

Sebagai seorang warga Indonesia yang berdedikasi ini sangat penting dimiliki dalam rangka mengembangkan dan mensosialisasikan dirinya.Dedikasi bukanlah diukur dari sudut materi tapi lebih pada suatu penghargaan sebagai sebuah prestasi,yang dapat dia terima dalam bentuk pujian ,sanjungan dan berbagai bentuk kekaguman lainnya.

Seseorang yang berdedikasi akan terlihat lebih dinamis, kreatif, dan inovatif dalam berfikir dan bertindak.Orang yang berdedikatif akan dengan suka rela berkorban untuk bangsa dan negaranya. Dalam hal ini yang penting diingat adalah bagaimana seseorang tsb dapat mengabdikan dirinya ke arah dedikasi yang positif.Sehingga dapat memberikan manfaat bagi lingkungan serta bangsanya.

4. Berani (satria)

Berani berarti mempunyai hati yang mantap dan rasa percaya diri yang besar di hadapan bahaya dan kesulitan,serta tentunya tidak takut.Banyak orang yang mempunyai rjiwa pemberani.Hanya saja berani dalam hal apa? Terkadang karena terlalu berani ,akhirnya kebablasan.

Menurutku,Memiliki jiwa pemberani merupakan modal awal untuk melakukan sesuatu,karena rasa takut hanya untuk menghalanginya untuk maju.Jika setiap langkahnya dihantui oleh rasa ragu yang berlebihan pasti hasilnya akan merugikan diri sendiri.

5. Disiplin

Salah satu kunci kesuksesan adalah disiplin. Mempunyai rasa kedisiplinan berarti mempunyai tanggung jawab dengan apa yang dikerjakannya.,maka sikap itu akan menjadi kebiasaan yang akan menciptakan situasi yang menyenangkan,karena sudah terbiasa melakukan hal yang terarah dan teratur.Bukankah hidup kita akan tersa lebih indah dengan begini?

Disiplin adalah taat dalam bahasa kerennya sih “conform to norm”. Orang yang taat aturan adalah Orang yang mempunyai kesadaran bahwa dalam dirinya mempunyai ada kewajiban yang harus ditunaikan,disiplin akan menjadi tantangan bagi dirinya untuk mengempangkan potensi yang ada pada dirinya. Dia akan memanfaatkan potensi lingkungan dan waktunya sebaik mungkin.

Orang yang memiliki disiplin tinggi akan mempunyai kecerdasan emosi. Dia dapat mengatur dan mengendalikan dirinya,memiliki rasa empati yang tinggi dan mampu menjalin hubungan sosial yang baik dengan sesamanya,serta terampil dan profesional. Oleh Karena itu kuserukan pada orang indonesia “Maju Indonesiaku ,Bangkitlah kita mulai dari diri sendir,tinggalkan semua keterpurukan”.

Tidak ada komentar: